Hard Reset Konfigurasi Mikrotik

Pada artikel sebelumnya membahas soft reset konfigurasi mikrotik, namun untuk melakukan soft reset kamu harus berhasil melakukan remote ke mikrotik. Misalnya saja lupa konfigurasi user dan password atau beberapa konfigurasi yang membuat kamu tidak bisa melakukan remote mikrotik. 
Contoh diatas adalah kondisi saat kombinasi username dan password tidak ditemukan di konfigurasi router mikrotik. 
  1. Lepas kabel power apabila masih tersambung ke mikrotik, 
  2. Tekan tombol reset dan tahan,
  3. Hubungkan kabel power dan tahan hingga lampu indikator usr/act berkedip-kedip
  4. Cek kembali statusnya dengan membuka winbox, indikator/tanda bahwa reset berhasil adalah konfigurasi IP Address kembali menjai 0.0.0.0, 
  5. Login kembali ke winbox dengan username default yaitu admin dan password biarkan kosong.
  6. Setelah berhasil login mikrotik akan menawarkan konfigurasi default dari vendor, apabila kamu tidak ingin menerapkan konfigurasi ini kamu bisa klik remove configuration.
Sangat mudah untuk melakukan reset konfigurasi dengan metode hard reset, tetapi metode ini memiliki efek samping, yaitu performa router dapat menurun. dari pengalaman pribadi beberapa router yang sering direset dengan metode ini sering sekali gagal login, baik kondisi router sudah dikonfigurasi atau setelah proses reset dilakukan.
Kemudian apabila yang direset adalah perangkat dengan tombol reset di dalam seperti seri RB750, beberapa mikrotik mengalami kerusakan pada tombol resetnya, mungkin karena terlalu kuat menahan tombol atau sering meleset ketika menekan tombol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hard Reset Konfigurasi Mikrotik"

Post a Comment