Menambahkan Virtual Machine Mikrotik CHR (Cloud Hosted Router) di GNS3 2.1.0


Mikrotik CHR merupakan fitur dari mikrotik yang berupa file image untuk dijadikan sebuah virtual machine pada aplikasi virtual machine seperti VirtualBox, VMWare, Qemu atau yang lainya . Tentunya ini menjadi solusi bagi banyak orang yang berkecimpung di dunia jaringan komputer untuk bermain-main dengan routerOS mikrotik tanpa harus dipusingkan dengan lisensi mikrotik seperti ketika melakukan instalasi RouterOS namun masa aktif dari routerOS tersebut hanya sampai 24 jam, namun ada beberapa kekurangan yang sangat saya rasakan adalah kecepatan/bandwitdh yang mampu ditampung hanya sebesar 1Mb per interfacenya, hal ini sangat saya rasakan ketika coba melakukan konfigurasi queuee namun tidak menjadi masalah yang besar, karena pada dasarnya penggunaan Mikrotik CHR hanya untuk digunakan sebagai media belajar dan percobaan. Ada beberapa 3 tipe file Mikrotik CHR yang disediakan, diantaranya dengan tipe *.img (RAW), *.vdi (virtual box), *.vmdk(VMWare), tipe yang digunakan untuk VM berbasis qemu adalah Mirkrotik dengan tipe file *.img. 
  1. Siapkan file mikrotik chr pada media penyimpanan kamu atau bisa download di situs resmi Mikrotik 
  2. Buka GNS3 yang sudah terinstall pada komputer, GNS3 yang dipakai pada artikel ini merupakan versi 2.1.0
  3. Masuk ke menu Edit > Preferences, pada jendela Preferences pilih kategori QEMU VMs, kemudian klik New untuk menambahkan VM QEMU.
  4. Isikan nama VM Mikrotik yang akan ditambahkan ke device list GNS3, untuk penamaan bersifat opsional.
  5. Tentukan binary type yang akan digunakan sebagai platform mikrotik chr, karena mikrotik chr berbasis platform x86 maka pilih qemu-system-x86_64w.exe, kemudian tentukan kapasitas RAM yang akan digunakan oleh virtual machine mikrotik CHR.
  6. Pilih kategori console yang akan digunakan untuk melakukan kofigurasi Mikrotik CHR, ada 3 opsi yaitu : telnet, vnc dan spice.
  7. Apabila pada GNS3 belum pernah menambahkan virtual machine maka anda diminta untuk menentukan file image yang akan digunakan sebagai virtual machine yang akan dibuat,
  8. Setelah selesai kamu juga bisa melakukan perubahan pada virtual machine yang dibuat, informasi virtual machine berada pada panel sebelah kanan. Untuk melakukan perubahan klik edit


  9. Ubah kategori virtual machine menjadi routers, hal ini dilakukan agar pada saat kamu mencari virtual machine yang sudah dibuat kamu mencarinya pada kategori routers. Kemudian pilih simbol yang virtual machine apabila kamu menginginkanya hal ini dilakukan pada kotak dialog symbol. 
  10. Secara default jumlah port ethernet pada virtual machine mikrotik adalah 1 ethernet, untuk menambahnya kamu masuk ke tab network, ubah nilai pada dialog adapters, dan agar nama port ethernet yang ditampilkan sama dengan port ethernet pada virtual machine ubahlah name format menjadi seperti pada gambar.
  11. Penambahan telah berhasil, kemudian untuk kembali ke lembar kerja klik button OK.
  12. Hasil dari virtual machine yang dibuat bisa di akses di toolbox device. Untuk menambahkan ke lembar kerja hanya perlu lakukan drag kemudian drop ke lembar kerja, sehingga virtual machine siap digunakan.
Itulah cara menambahkan virtual machine Mikrotik CHR di GNS3 2.1.0, untuk artikel selanjutnya adalah menghubungkan virtual machine mikrotik dengan machine asli dengan memanfaatkan loopback interface pada sistem operasi windows.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menambahkan Virtual Machine Mikrotik CHR (Cloud Hosted Router) di GNS3 2.1.0"

Post a Comment