SOFT RESET KONFIGURASI ROUTER MIKROTIK

Fitur Reset pada perangkat jaringan berfungsi untuk mengembalikan konfigurasi default, hal ini dilakukan apabila konfigurasi sebelumnya terdapat kesalahan sehingga perlu melalukan reset konfigurasi. Router mikrotik memiliki 2 cara untuk melakukan reset konfigurasi yaitu dengan menggunakan metode Hard Reset (reset melalui perangkat secara langsung) dan Soft Reset (melakukan reset dari dalam konfigurasi). Yang akan dibahas pada artikel ini adalah melakukan reset konfigurasi dengan metode soft reset. yang perlu disiapkan adalah 1 buah router mikrotik yang akan direset, 1 buah kabel utp crossover atau straight-trough kemudian PC desktop atau laptop, topologi yang digunakan adalah seperti ini, untuk IP Address disesuaikan dengan IP Address pada perangkat yang akan kamu reset.
  1. Dari PC/Laptop remote mikrotik melalui winbox, dan login dengan username dan password yang sebelumnya telah dikonfigurasikan.
  2. Reset konfigurasi routerboard untuk menghapus konfigurasi sebelumnya, kedalam menu System > Reset Configuration.
    Pada jendela reset configuration ada beberapa opsi, yaitu : Keep User Configuration = pengaturan user tidak akan dihilangkan, No Default Configuration = tidak menerapkan konfigurasi bawaan mikrotik setelah dilakukan reset, Do Not Backup = tidak melakukan backup otomatis setelah proses reset dilakukan. Pilih opsi yang sesuai dengan keadaan perangkat yang akan direset, dan Run After Reset = kolom untuk mengisikan perintah yang akan dijalankan setelah melakukan reset konfigurasi.
  3. Pada artikel ini tidak akan melaukan pemilihan fitur reset, atau membiarkan semua tidak terpilih. Untuk konfirmasi mereset router klik tombol “Yes”. Kemudian winbox akan keluar secara otomatis.
  4. Login kembali dengan winbox, pada connect to isikan dengan menggunakan mac address perangkat, kemudian user default adalah admin dan password dikosongkan. setelah melakukan reset IP Address yang diterapkan adalah 192.168.88.1 ini merupakan IP Address default dari Mikrotik.
  5. Setelah login maka akan tampil jendela “RouterOS Configuration” yang bermaksud untuk menawarkan kepada pengguna agar menerapkan konfigurasi default dengan ketentuan yang tertera pada halaman tersebut. Jika yang dipilih adalah “Remove Configuration” artinya menolak/tidak akan menerapkan konfigurasi yang di sediakan oleh mikrotik, namun jika menerima/menghendaki untuk menerapkan konfigurasi tersebut klik OK.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SOFT RESET KONFIGURASI ROUTER MIKROTIK"

Post a Comment